Belajar cara membaca lembar Not Musik pada piano

Daftar isi :

    Belajar cara membaca lembar Not Musik pada piano. Meskipun butuh latihan untuk menjadi mahir dalam membaca nya, itu adalah salah satu keterampilan yang paling berharga untuk dimiliki sebagai seorang musisi. Bahkan jika instrumen utama Anda bukan piano, mempelajari dasar-dasar cara membaca catatan musik bisa lebih mudah ketika Anda tahu jalan di sekitar keyboard.

    Mempelajari piano dan mempelajari cara membaca lembaran musik berjalan seiring. Menghafal not pada piano adalah langkah pertama bagi pemula yang ingin menangani sebuah lagu atau musik dan memperluas keterampilan bermain mereka. Untuk mengembangkan keterampilan Anda dengan cara seefisien mungkin.

    nah Materi dibawah ini hanya dasar dasar pengenalan dahulu .. next step by step

    Belajar cara membaca lembar Not Musik pada piano

    Anda harus mulai belajar cara membaca Not musik langsung. 
    Ikuti langkah-langkah sederhana ini, dan Anda akan segera membaca catatan piano!

    Cara Membaca not Piano untuk Pemula

    Sebelum kita menyelami dasar-dasar cara membaca not musik , Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki semua persediaan yang Anda butuhkan. Namun, Anda ingin setidaknya 66 kunci untuk memainkan musik yang lengkap. namun kita belajar dasar dasar dulu ya guyss.

    Langkah 1: Beri label spasi putih dengan FACE dan EGBDF untuk treble clef

    Jika Anda ingin mempelajari cara membaca not musik, Anda harus mulai dengan melihat treble clef terlebih dahulu. treble clef yang menunjukkan not mana yang harus dimainkan dengan tangan kanan Anda. Jika Anda belajar untuk pertama kalinya, Anda harus membiasakan diri dengan nama huruf dari garis dan spasi. beri label spasi putih dengan FACE dimulai dengan spasi pertama di bagian bawah halaman dan naik, kemudian garis EGBDF mulai dari garis bawah menuju ke baris atas.
    Belajar cara membaca lembar Not Musik pada piano

    Ada sedikit trik untuk membantu Anda mengingat nama-nama garis dan spasi - misalnya,  Berusahalah menghafal ini sedikit setiap hari.

    Langkah 2: Kenali/Tuliskan nama Not

    Sekarang ambil sebuah lagu yang ingin Anda pelajari, dan di bawah catatan musik tangan kanan di treble clef, tulis nama hurufnya (ingat: gunakan pensil, dengan cara itu Anda bisa menghapusnya nanti!).
    Belajar cara membaca lembar Not Musik pada piano

    Ini bukan kebiasaan yang baik untuk dilakukan dalam jangka panjang, tetapi tidak apa-apa untuk memulai saja.
    Belajar cara membaca lembar Not Musik pada piano

    Jika ada satu catatan yang membuat Anda sulit mengingatnya secara spesifik, tulis saja nama surat itu. Ingat, Anda hanya fokus pada not putih pada piano untuk saat ini. Jangan khawatir tentang kunci hitam (benda tajam dan flat Anda) dulu.

    Langkah 3: Hafalkan urutan Not-nya dan pindah ke kunci gitar

    Setelah Anda menghafal semua nama huruf pada baris dan spasi untuk tangan kanan Anda (treble clef), Anda dapat beralih ke membaca not piano pada clef bass, di mana not pada baris dan spasi akan dimainkan dengan tangan kiri kamu.

    Langkah 4: Beri nama spasi Anda ACEGB dan GBDFA

    Berlatih menggambar bass clef, yang akan dimulai pada garis F. Kemudian dengan spasi di bagian bawah halaman, beri nama spasi Anda ACEGB (ingat "Semua Sapi Makan Rumput," dan jangan lupa menambahkan B Anda di bagian atas!). Selanjutnya, beri nama baris Anda mulai dari bagian bawah halaman GBDFA (“Good Boys Deserve Fudge Always”).
    Belajar cara membaca lembar Not Musik pada piano

    Hafalkan notasi ini juga. Sekarang pindahkan nama-nama huruf ini dari garis dan spasi ke lagu piano Anda dari langkah # 2, dan beri nama semua catatan dengan tangan kiri Anda di kunci gitar.

    Langkah 5: Temukan diagram tangan dan beri label setiap jari 1-5

    Ada metode lain dengan angka yang mungkin lebih mudah untuk Anda baca. Temukan diagram tangan Anda dan lihat tangan kanan dimulai dengan ibu jari Anda, beri label masing-masing jari dengan 1-5. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri Anda. 
    Belajar cara membaca lembar Not Musik pada piano
    source by musicnotes

    Ada banyak lagu piano mudah untuk memulai, seperti "Jingle Bells" yang hanya menggunakan catatan CG, atau angka 1-5. Mulai dari C tengah piano, letakkan kedua ibu jari pada not, dan sejajarkan kedua tangan Anda sehingga jari kelingking kanan Anda berakhir pada 5 (G) dan kelingking kiri Anda berada di atas 5 (F). 

    Anda dapat menulis angka di sebelah nama huruf, jika itu membantu Anda lebih banyak. Ingatlah untuk mulai dengan hanya not putih pada piano.

    Sekarang, ketika Anda membaca lagu Anda, mainkan dan nyanyikan huruf atau angka saat bermain, yang akan membantu Anda menghafal nama-nama nomor catatan pada piano. Setelah Anda berlatih selama beberapa saat, cobalah menghapus nama-nama huruf dan menguji diri Anda untuk melihat apakah Anda masih ingat pola permainan dan nada lagu tersebut.

    Dengan langkah-langkah ini, mempelajari cara membaca catatan musik akan mulai menjadi alami bagi Anda. Untuk setiap bagian yang Anda pelajari, tulislah dalam nama huruf atau jari, dan kemudian hapus ketika Anda merasa cukup nyaman. Sebentar lagi Anda bahkan tidak perlu menuliskannya!

    Cara Berbeda untuk Belajar Cara Membaca not Musik

    Salah satu hal yang paling sulit tentang mempelajari cara membaca lembaran musik untuk piano, berbeda dengan kebanyakan instrumen lainnya, adalah tidak hanya ada satu melodi untuk dimainkan. Musik piano mengharuskan Anda memainkan lebih dari satu bagian sekaligus. Biasanya bagian-bagian ini saling berhubungan - mereka adalah bagian dari akor yang harus Anda baca dengan akurat.

    untuk Latihan bisa Not angka dulu klo terasa berat mempelajari Not musik piano