pohon katilayu seperti apa

Daftar isi :
    Sebenarnya Pohon katilayu adalah satu satunya pohon yang tidak menghasilkan getah seperti karet, sehingga apabila pohon ini bisa menghasilkan getah adalah suatu keajaiban yang sangat langka dan merupakan kejadian aneh. Anda boleh mencoba membacok berulang-ulang batang pohon katilayu dengan pisau atau parang, maka tidak akan ada setetespun getah yang keluar kecuali kalau memang itu berjodoh dengan anda, atau anda memiliki kekuatan gaib dan bersih hati. 

    getah katilayu jimat pemancing

    Sehingga dipercaya banyak orang batu katilayu memiliki khasiat magis yang banyak diburu oleh paranormal, seperti memelihara khodam, menarik lawan jenis dan kewibawaan, kecantikan, semangat kerja dan aura positif lainnya. 

    pohon katilayu dalam bahasa jawaOrang Jawa menyebutnya Kapilayu/Katilayu/Klayu/ kilalayu, namun secara umum nama lain pohon katilayu di jawa disebut sebagai Katilayu.

    Bagaimana Cara Mendapatkan Getah Katilayu?

    pohon katilayu menurut suku sunda Konon batu getah katilayu yang mengandung tuah (khodam), tidak akan mudah didapatkan, karena getah katilayu yang asli bertuah hanya bisa di dapatkan dari pohon katilayu yang memiliki usia tua, dan tidak semua pohon katilayu bisa menghasilkan mustika katilayu. 
    getah pohon katilayu

    Dan hanya orang-orang terpilih lah yang dapat mengambilnya. 

    Namun ada juga yang berpendapat bahwa Mustika ini juga dapat diambil dari alam gaib, tentu saja tidak akan mudah, hanya praktisi supranatural atau paranormal yang ahli dibidang penarikan batu mustika yang dapat melakukannya. Bagi orang awan yang hoby mancing dan tertarik untuk mendapatkan mustika ini mungkin bisa menghubungi orang yang memang ahli dalam bidang ini.

    tempat pohon katilayu dan Bagaimana Cara Menggunakan Getah Katilayu?

    habitat pohon katilayu - Cara pemakaian getah katilayu adalah didasarkan dari tujuan sang pemilik, jika mau digunakan unutk penglaris dagangan tentu saja berbeda caranya ketika getah katilayu mau digunakan sebagai jimat mancing. Dan juga berbeda bila hendak digunakan sebagai media penarik lawan jenis (pengasihan). Namun jika dilihat secara garis besar cara yang cukup mudah untuk menggunakan batu mustika getah katilayu adalah hanya cukup membawanya saja, Anda bisa meletakkannya di kantong (saku) celana atau di tas. 

    Sedangkan untuk pemakaian sebagai jimat mancing, ada yang menyebutkan caranya adalah dengan menyelupkan (merendam) mustika getah katilayu pada segelas air, lalu air hasil rendamannya tersebut di campurkan kedalam umpan pancing. Dapat juga langsung menempelkan mustika getah katilayu pada umpan pancing yang hendak digunakan. Dan tentu saja ada japa mantra atau doa tertentu yang musti di sebutkan.


    Ciri ciri Getah Katilayu Asli

    tips memilih atau membeli katilayu asli. Kita ketahui teknologi semakin maju, maka untuk membuat tiruan getah katilayu bukan lagi hal yang sulit. Karena itulah, untuk menghindari anda ditipu silahkan simak ulasan berikut ini :

    - Getah katilayu asli biasanya memiliki kulit seperti kayu, memiliki ketebalan 2 sampai 3 milimeter.
    - Kemudian ada juga yang tidak memiliki kulit, namun tetap terdapat serat-serat kayu dibagian luarnya
    - Ketika getah tersebut dipotong atau dipecah akan tampak serat-serat es yang tebal berwarna lebih terang dari pada bagian luarnya.

    asal pohon katilayu

    Batang katilayu yang mengeluarkan getah yang mirip pohon damar atau karet, berbentuk gumpalan sehingga sering orang menyebutnya Blendok katilayu. Batu katilayu dibuat dari getah yang dihasilkan dari batang pohon katilayu. Sebagai mana kita ketahui getah kayu yang terdapat pada cambium berfungsi sebagai penghantar makanan dari akar untuk pembentukan ranting dan daun sehingga pohon tersebut bisa tumbuh menjadi besar dan tinggi.


    ciri ciri pohon katilayu asli

    Terkadang ada yang bingung bagaimana ciri ciri pohon katilayu yang asli. Pohon katilayu seperti apa?. Pada bagian ini saya akan bahas bagaimana bentuk dari bentuk daun, bentuk batang, bentuk akar, bentuk bunga dan bentuk buah.

    1. Bentuk Daun

    Sedangkan bentuk daunnya memanjang dan melonjong, pada setiap bagian ujung daun lancip serta tersusun secara menyirip. Untuk warna daunnya sendiri adalah hijau muda.
    bentuk daun katilayu

    2. Bentuk Batang

    Ciri ciri katilayu selanjutnya adalah pada batangnya. Pohon getah katilayu umumnya memiliki batang tegak lurus, lalu pada bagian atas batang akan ditumbuhi cabang cabang yang berfugsi sebagai tempat pertumbuhan daun.
    bentuk batang katilayu


    sedangkan tekstur batang katilayu mengandung serat kayu tinggi, sehingga sangat kokoh. Warna batangnya adalah coklat kehitaman dengan tekstur kasar pada bagian kulit batang.

    3. Bentuk Akar

    Pada umumnya katilayu mempunyai jenis akar tunggang, sehingga termaksuk dalam jenis tanaman dikotil atau biji berkeping dua dan memiliki warna kulit akar coklat keputihan. Pada akar tunggang pada pohon katilayu, tumbuh menuju inti bumi dengan kedalaman kurang lebih 20 m.

    4. Bentuk Bunga

    Bunga katilayu mempunyai warna putih cerah, setiap bunga yang keluar akan menghasilkan buah katilayu.
    bentuk bunga katilayu

    5. Bentuk Buah

    Bentuk Buah katilayu mempunyai bentuk mirip dengan buah melinjo. Untuk buah yang masih muda mempunyai warna hijau kekuningan. Lalu buah yang belum masak akan berwarna merah cerah. Sedangkan untuk buah yang sudah masak akan berwarna merah kehitaman atau merah hati.
    bentuk buah katilayu


    Biasanya satu tangkai buah akan menghasilkan jumlah buah sangat banyak, kira kira 20 sampai 30 butir buah.
    manfaat pohon katilayu

    Kekuatan tuah katilayu ini tergantung dari tempat tumbuh, lingkungan dan tata cara pengambilannya yang kadangkala memerlukan sesajian. Dikalangan masyarakat kita, terutama yang tinggal di Pulau Jawa, meyakini bahwa untuk beberapa jenis kayu / batu cincin tertentu, ada yang memiliki kekuatan gaib dan khasiat tertentu, yang umumnya dikaitkan dengan asal batu tersebut  dari pohon di tempat keramat atau yang dikeramatkan seperti makam leluhur, para Wali atau karena langka keberadaannya, susah mendapatkannya atau mendapatkannya dengan cara ritual gaib.

    Khasiat / Manfaat Mustika Getah Katilayu

    1. Menarik Lawan Jenis (Penghasihan) / Pelet

    Selain sebagai jimat / mustika memancing, getah katilayu atau gentar katilayu juga dipercaya dapat digunakan sebagai media untuk menarik lawan jenis (Pengasihan), Bagi orang yang memiliki getah katilayu adalah pria, maka dapat menarik para gadis atau wanita yang menjadi incarannya. Begitupun sebaliknya, jika pemiliknya adalah seorang wanita, maka getah katilayu dapat memberikan khasiat untuk menarik para pria menjadi jatuh cinta kepadanya.

    2. Media Penglaris Dagangan (Perniagaan)

    Mustika gentar katilayu juga dipercaya sangat baik manfaatnya bagi orang-orang yang melakukan perniagaan atau berdagang, konon siapa saja yang menggunakan getah katilayu dan dia seorang pedagang maka usaha dagangnya akan laris manis, dan laku banyak. Memancarkan aura sang pemilik sehingga orang lain tertarik untuk membeli dagangannya.

    3. Meningkatkan Popularitas / Pengabaran.

    Kehebatan batu mustika getah katilayu dapat membuat pemiliknya jadi terkenal, konon bagi siapa saja yang memiliki mustika ini maka ia akan mudah di kenal, atau tenar. Bahkan menjadikan pemiliknya sebagai seseorang yang disegani oleh kawan maupun lawan. 

    4. Jimat Untuk Memancing 

    Khasiat atau manfaat yang paling populer dari getah katilayu adalah sebagai sarana untuk memancing, dipercaya bagi siapa saja yang memiliki getah katilayu dan dia suka memancing ikan, makan hasil ikan tangkapannya akan jauh lebih banyak dari pada orang biasa. Konon mustika getah katilayu akan memancarakan energi yang dapat menarik ikan mendekat dan memakan umpan yang telah di siapkan oleh sang pemancing. 
    Mustika getah katilayu dibagi menjadi beberapa jenis, dan masing-masing jenisnya memiliki tingkataan atau level-level tertentu, tergantung dari jenis Khodam yang terkandung didalam mustika tersebut. Dan tentu saja harganya juga berbeda-beda, karena dipercaya bahwa pada beberapa batu mustika getah katilayu yang memiliki khodam hebat, harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dari puluhan hingga ratusan juta. 

    jenis pohon katilayu ( Macam atau Jenis-jenis Mustika Getah Katilayu )

    1. Gentar / Getah Katilayu Coklat

    Getah katilayu coklat memiliki ciri-ciri berwarna coklat tua, atau coklat muda, jika dilihat secara sekilas getah katilayu coklat memiliki warna yang hampir mirip dengan warna kemenyan, tapi saat di sorot dengan lampu maka akan tembus cahaya, dan cahayanya juga berwarna kecoklatan, bisa muda, bisa juga coklat tua.

    2. Blendok Katilayu Kuning

    Jenis yang ini merupakan jenis dengan level satu tingkat diatas blendok katilayu coklat, memiliki warna dominan kuning, dengan beberapa varian coklat muda dan saat di sorot dengan lampu (senter) maka akan terlihat warna kuning. Terkadang ada yang sedikit coklat muda, tapi lebih dominan kuning.

    3. Kapilayu / Katilayu Hitam

    Memiliki warna hitam pekat, biasanya katilayu hitam disebut juga katilayu yang kurang bagus, karena katilayu hitam tidak tembus saat di sorot dengan lampu senter. Memiliki warna dominan hitam, bahkan ada yang hitam pekat. Katilayu hitam menempati level terendah pada tingkatan kekuatan getah katilayu.

    4. Katilayu Merah / Getah Katilayu Api

    Ini adalah mustika getah katilayu yang memiliki urutan tertinggi, disebut getah katilayu api karena batu yang satu ini akan berwarna merah seperti warna api saat terkena sorotan cahaya. Bahkan pada tingkat yang ekstrim warna merahnya dapat muncul ke permukaan, sehingga jika dilihat secara sekilas seperti bongkahan bara api.