Pengertian Notasi Angka dan Cara Bacanya

Daftar isi :
    Pengertian dan cara Baca Notasi Angka Pianika - Memainkan alat musik tentu saja tidak terlepas dari nada yang ditulis dalam notasi. Musik yang merdu dan enak didengar dikomposisikan oleh serangkaian nada yang dimainkan menggunakan media dalam bentuk alat musik. Nada-nada ini dapat ditulis dalam notasi balok atau notasi angka untuk memudahkan musisi memainkan instrumen mereka. Untuk pemula, jenis notasi ini biasanya dianggap lebih mudah dan lebih cepat dipahami daripada jenis notasi balok.

    Pengertian dan cara Baca Notasi Angka Pianika Pengertian Notasi Angka dan Cara Bacanya

    Pengertian Notasi Angka

    Notasi angka adalah cara penulisan nada menggunakan simbol dalam bentuk angka. Dalam notasi angka, angka yang digunakan sebanyak 7 angka, yaitu 1, 2, 3, 4, 6 dan 7. Masing-masing angka ini dibaca seperti do, re, mi, fa, sol, la, si. Notasi angka ini pertama kali ditemukan oleh seorang musisi bernama Guido D'rezzo yang berasal dari Perancis. Penemuan ini kemudian digunakan oleh musisi di seluruh dunia untuk menulis notasi nada lagu.

    Selain notasi angka, ada juga beberapa tanda yang digunakan dalam aturan untuk menulis notasi angka dalam musik. Tanda-tanda ini akan memudahkan pemutar musik untuk dapat merekam lagu dengan benar. Beberapa dari tanda-tanda ini adalah:

    Pengertian dan cara Baca Notasi Angka Pianika Pengertian Notasi Angka dan Cara Bacanya

    Cara Baca Notasi Pianika


    1. Tanda Titik

    Dalam menulis catatan numerik, titik ini memiliki beberapa arti berbeda tergantung pada penempatannya. Titik dapat menunjukkan tinggi atau nada rendah ketika ditempatkan di bagian atas atau bawah dari nomor notasi. Titik di bawah note angka berarti nada rendah dan titik di atas note angka berarti nada tinggi. Intinya juga bisa berarti jumlah ketukan / tanda panjang ketika ditempatkan setelah nomor notasi. Satu titik berarti satu ketukan yang memberi jarak antara not sebelumnya dan nada sesudahnya.

    2. Garis Tegak

    Garis tegak dalam arti notasi numerik dalam fungsi musik sebagai batas irama. Baris ini dapat digunakan untuk memisahkan berbagai jenis irama seperti 4/4, atau ¼.

    3. Garis Mendatar

    Tanda ini digunakan untuk menunjukkan pembagian jumlah nada.

    4. Garis Miring

    Garis miring pada definisi notasi angka dalam musik berarti sebagai tanda naik atau turun sebanyak setengah dari nada asli. Garis miring kanan menunjukkan nada naik dari nada asli, sedangkan garis miring ke kiri menunjukkan nada turun setengah dari nada asli.

    Itulah pengertian dari notasi angka yang bisa jelaskan kepada kalian. Lalu bagaimana cara bacanya?
    Cara membaca notasi angka untuk penggemar musik, ini tidak perlu dipelajari lagi, karena tentu saja sudah mahir. Tetapi untuk pemula, kalian harus tahu cara membaca notasi angka:

    5. Not Balok

    Not balok adalah notasi yang dilambangkan dengan simbol bulat. Bentuknya ada yang menggunakan tangkai, ada juga yang tidak, tergantung dari nilai ketukannya. Not balok ini ditempatkan di garis paranada. Garis paranada adalah 5 garis yang memiliki spasi dan memiliki ruang untuk menempatkan not musik dan menunjukkan durasi tinggi dan rendahnya sebuah nada.

    Pengertian dan cara Baca Notasi Angka Pianika Pengertian Notasi Angka dan Cara Bacanya

    Tinggi nada digambarkan secara vertikal, sementara waktu / ritme digambarkan secara horizontal. Berikut ini adalah gambaran garis paranada.

    Rangkaian tinggi dan rendah dilambangkan dengan urutan huruf: C, D, E, F, G, A, B, C. Kemudian, untuk menentukan tinggi dan nada rendah, not musik memiliki 2 tanda kunci, yaitu Treble Clef ( nada tinggi) dan Bass Clef (nada rendah). Dalam instrumen piano, penggunaan tombol ini biasanya untuk membedakan nada mana yang dimainkan di tangan kiri dan di tangan kanan, serta tingkat nada.

    Pada setiap not ada nilai beat dari setiap simbol dan break. Jika nada adalah nada yang dibunyikan, jeda berarti nada yang tidak terdengar.

    6. Not Angka

    Seperti namanya, not angka adalah not yang ditulis dengan angka. Rangkaian tinggi dan rendah dilambangkan dengan nomor urut 1 hingga 7, dengan nama masing-masing.

    Not Pianika:

    Selain itu, cara mengetahui ketinggian note dapat dilihat dari penggunaan titik (.). Jika titik ditempatkan di bawah angka, itu berarti oktaf lebih rendah, sedangkan jika titik di atas angka, maka oktaf lebih tinggi.

    7. Nilai Ketukan

    Dalam nilai ketukan, tanda titik (.) Juga digunakan sebagai tanda satu ketuk pada not yang memiliki nilai ketukan 2 dan 3. Sedangkan untuk not angka dengan nilai ketukan ½ dan ¼, not angka menggunakan garis horizontal .

    8. Tanda Berhenti

    Dalam nota angka, jeda disimbolkan dengan angka 0. Ini berarti bahwa jika ada angka 0 (nol), nada masih dihitung tetapi tidak terdengar.

    Kalian dapat menggunakan not balok dan not angka ini untuk memainkan musik seperti piano, biola, gitar, dan seruling. Pada dasarnya, bagi para ahli membaca notasi nada, terutama not balok membutuhkan latihan untuk membiasakan diri. Selain itu, penting bagi kalian untuk memperhatikan nilai ketukan dan tanda istirahat yang terkandung dalam lagu.

    Jika kalian ingin mencari not angka pianika lagu, bisa ketik kata Not Pianika di kolom Pencarian. Karena didalam blog ini juga banyak terdapat not angka lagu terbaru dan akan selalu update pianika lagu yang sedang viral.